Wednesday, April 27, 2016

PENGERTIAN HARD DISK

       Harddisk merupakan  sebuah perangkat keras yang sangat berguna di komputer dan laptop.Harddisk bertugas untuk menyimpan data dan juga menyimpan data system operasi yang diinstal di laptop atau kompter anda. Peran harddisk sangat vital dan sangat berpengaruh terhadap komponen hardware yang lainnya. Untuk itu akan lebih baik jika anda sebagai pengguna mengetahui apa itu hardisk, fungsi harddisk dan yang lainnya yang berhubungan dengan harddisk.
Pengertian Hard Disk
 
       Hard disk adalah perangkat keras (hardware) komputer atau laptopyang bekerja secara sistematis yang berperan sebagai media penyimpanan data. Data yang tersimpan dalam harddisk tidak akan hilang walaupun laptop atau komputer dimatikan (OFF). Data yang tersimpan dalam harddisk ini bersifat permanen asalkan user (pengguna) bisa menggunakannya dengan baik, benar dan bijaksana. Harddisk diciptakan dengan berbagai merk dan juga dengan berbagai kapasitas. Merk harddisk yang paling banyak digunakan adalah : Seagate, Western Digital (WD), Samsung dan lainnya. Dan untuk kapasitasnya sendiri sudah mencapai kata cukup dengan kapasitas terbesarnya itu di atas 1 TB dan bahkan sudah ada harddisk dengan kapasitas 10 TB. Dengan berkembangnya teknologi, maka termasuk didalamnya harddisk, harddisk akan terus berkembang dari masa ke masa. 

Fungsi Hard Disk

 
       Fungsi harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Didalam harddisk terdapat sebuah ruang penyimpanan utama, disitulah setiap data dan informasi disimpan. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian semacam ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk meletakkan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

       Biasanya harddisk komputer atau laptop memiliki beberapa partisi agar lebih gampang saat digunakan. Partisi adalah membagi ruang didalam harddisk menjadi beberapa bagian sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Minimal partisi hardisk ada 2 yaitu untuk menyimpan data operating system dan untuk menyimpan data-data lainnya.


Pengertian Dan Fungsi Hard Disk


    Demikian artikel ini saya buat,semoga berfanfaat bagi teman-teman :)

No comments: