Monday, April 25, 2016

SISTEM OPERASI AMIGAOS

     Hasil gambar untuk PENGERTIAN AmigaOS


       AmigaOS adalah sistem operasi default asli dari komputer Amiga pribadi. Hal ini dikembangkan pertama kali oleh Commodore International, dan pada awalnya diperkenalkan pada tahun 1985 dengan Amiga 1000. versi Awal (1,0-3,9) dijalankan pada seri Motorola 68k 16-bit dan mikroprosesor 32-bit, sedangkan AmigaOS lebih baru 4 berjalan hanya pada mikroprosesor PowerPC.

       Di atas kernel preemptive multitasking disebut Exec, itu termasuk abstraksi perangkat keras unik Amiga, sebuah sistem yang disebut operasi disk AmigaDOS, sistem windowing API yang disebut Intuisi dan antarmuka pengguna grafis yang disebut Workbench. Sebuah antarmuka baris perintah yang disebut AmigaShell juga tersedia dan terintegrasi ke dalam sistem. GUI dan CLI saling melengkapi dan berbagi hak istimewa yang sama.
Pemegang saat ini properti intelektual adalah Amiga Amiga Inc Mereka mengawasi pembangunan AmigaOS 4 tetapi tidak mengembangkan sendiri, kontrak itu bukan untuk Hyperion Hiburan. Pada tanggal 20 Desember 2006, Amiga Inc diakhiri Hyperion lisensi untuk melanjutkan pembangunan AmigaOS 4. Namun, pada 30 September 2009, Hyperion telah diberikan, eksklusif terus-menerus, hak seluruh dunia untuk AmigaOS 3.1 untuk menggunakan, mengembangkan, memodifikasi, diusahakannya, mendistribusikan dan AmigaOS pasar 4.x dan versi berikutnya dari AmigaOS (termasuk AmigaOS 5).

       AmigaOS dapat dibagi menjadi dua bagian: Kickstart (ROM) dan disk Workbench. Versi Kickstart dan Workbench digunakan akan dirilis bersama-sama, untuk digunakan dengan satu sama lain. Sejak Workbench 3.5, rilis pertama setelah Commodore International menghentikan pengembangan, bagaimanapun, baru Kickstart revisi berhenti diproduksi, mengandalkan hanya pada ROM 3.1 yang ditambal selama boot.

       Gambar yang ditunjukkan oleh AmigaOS 1.x di start-up, disk meminta pengguna untuk memasukkan disket Workbench.
Kickstart adalah ROM bootstrap. The Kickstart berisi kode yang diperlukan untuk hardware boot Amiga standar dan banyak komponen inti dari AmigaOS. Fungsi Kickstart adalah sebanding dengan BIOS ditambah dengan kernel sistem operasi utama di IBM PC compatibles. Namun, Kickstart menyediakan fungsionalitas yang tersedia pada saat boot dari yang biasanya diharapkan pada PC, misalnya, lingkungan windowing penuh.


       The Kickstart berisi bagian saham banyak sistem operasi Amiga, seperti Exec, intuisi, inti dari AmigaDOS dan fungsionalitas untuk menggunakan hardware AutoConfig ekspansi. Ini berarti bahwa powered-on Amiga sudah banyak bagian penting dari sistem operasi yang tersedia. Kemudian versi dari Kickstart berisi driver untuk kontroler IDE dan SCSI, port PC card dan berbagai perangkat keras lainnya yang datang dibangun ke Amigas. setelah start-up atau mengatur ulang Kickstart melakukan sejumlah pemeriksaan diagnostik dan sistem dan kemudian menginisialisasi chipset Amiga dan beberapa OS komponen inti. Hal ini kemudian akan memeriksa perangkat yang tersambung boot dan berusaha untuk boot dari satu dengan prioritas boot tertinggi. Jika tidak ada boot device hadir layar akan ditampilkan meminta pengguna untuk memasukkan boot disk - biasanya sebuah floppy disk.
2.2 WORKBENCH AmigaOS

        Workbench adalah lingkungan desktop grafis asli untuk komputer Amiga. Workbench bukanlah sistem operasi, itu hanya sebuah lingkungan desktop yang berjalan di atas AmigaOS. Lingkungan Workbench tidak harus dimuat untuk perangkat lunak untuk menjalankan. Bahkan, untuk mengambil alih hardware Amiga dan menyimpan semua memori dan sumber daya kepada diri mereka sendiri, banyak permainan boot langsung dari Kickstart (menggunakan bootblock kustom pada floppy disk).