Tuesday, November 1, 2016

Kegiatan Mahasiswa Baru Teknik Informatika Untan 2015


Assalamualaikum Wr.Wb

          Perkenalkan nama saya Muhlisun Amal (D1041151052) saya berasal dari SMK Darul Dakwah dan pada tahun 2015 menjadi salah satu Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Tanjungpura lewat jalur seleksi SNMPTN.

          Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang  Kegiatan Mahasiswa Baru Teknik Informatika Untan 2015. Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas Algoritma Pemograman  yang menentukan nilai ujian akhir pada semester.


DAFTAR ULANG SNMPTN


       Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.


        Langkah-langkah daftar ulang SNMPTN :




• Pendaftaran Ulang Online SNMPTN.
    Setelah anda dinyatakan lulus snmptn.ac.id  langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengikuti semua prosedur pendaftaran dan mengisi biodata diri danprint out semua berkas yang sudah anda isi secara online.

Pembayaran UKT.
    Setelah registrasi anda akan diminta untuk membayar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan
kampus pembayaran UKT,jangan lupa untuk menyimpan struk pembayaran sebagai salah satu kelengkapan berkas registrasi yang akan dilaksanakan melalui BAAK

• Registrasi ke BAAK.
    Semua berkas yang sudah anda print dibawa ke kampus tempat anda lulus kemudian ikuti semua prosedur pendaftarandalam melengkapi berkas seperti bukti pembayaran,kemudian berkas lainnya masukan dalam map yang akan diberikan panitia BAAK


MATRIKULASI


          Matrikulasi adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau pengenalan kampus yang biasanya didapat oleh mahasiswa baru.

          Tujuan matrikulasi ini adalah :
  • Menyetarakan kompetensi dari siswa yang berbeda-beda.
  • Mengenalkan kampus lebih dalam.
  • Mempererat keakraban sesama mahasiswa,
            Diharapkan dengan adanya program matrikulasi ini, para mahasiswa lebih memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih, lebih mengenal kampus, dan mempunyai ikatan yang lebih akrab dengan mahasiswa lain.


PENERIMAAN MAHASISWA BARU(PMB)


         Penerimaan mahasiswa baru adalah  pengenalan tentang semua yang ada di kampus yang dilakukan pihak kampus terhadap mahasiswa baru.Semua fakultas yang ada di UNTAN wajib untuk mengadakan kegiatan PMB. Kegiatan ini umumnya berlangsung skitar 2-3 hari. Pada hari pertama pelaksanaan rangkaian kegiatan PMB(Penerimaan Mahasiswa Baru) tidak berbeda dengan tradisi dari tahun-tahun sebelumnya yakni upacara bersama di halaman rektorat yang dikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

          Thamrin Usman selaku Rektor Untan menyampaikan pidatonya sekaligus membuka rangkaian kegiatan PMB 2015.Sedikit pidatonya yang saya kutip  “Di kampus harus berfikir kreatif, analitik, analitif, solutif, produktif inovatif. Jadi tidak ada model seperti di SMA, semua ilmu selalu di suapin namun sekarang harus cari sendiri. Anda bergerak sendiri, berjalan sendiri, mencari sendiri.” Tegasnya saat upacara penyambutan Mahasiswa baru.


          Adapun kegiatan yang saya  ikuti setelah PMB yaitu :

• Pengenalan Wawasan akademis Angkatan(PAWANG)


          Pawang merupakan nama lain OSPEK yang ada di Fakultas Teknik. Kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan wawasan angkatan yang dilakukan para senior terhadap mahasiswa baru dan diawasi oleh pihak fakultas.

        Kegiatan ini diadakan setiap hari sabtu dengan waktu yang ditentukan,biasanya dimulai pukul 06.00 sampai 12.00. Didalam kegiatan ini,para mahasiswa baru diajarkan untuk saling bekerjasama, melatih kekompakan, peduli terhadap lingkungan,saling menjaga antar sesama mahasiswa,menghormati yang lebih tua serta menyayangi adek-adek yang akan menjadi mahasiswa baru dengan membimbing kegiatan yang ada di kampus.


Humanity Night Project(HNP)


         HNP atau singkatan dari Humanity Night Project merupakan suatu rangkaian pembinaan yang diadakan setahun sekali oleh Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) FT Untan,kegiatan tahunan ini dikhususkan untuk mahasiswa baru.



        Itulah kegiatan yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa baru.Adapun kegiatan-kegiatan baru dalam akademik,saya menemukan pelajaran baru yang tidak ada di sekolah dulu.Ini menjadi tantangan tersendiri untuk saya agar belajar lebih giat dan semangat.





        Contoh-contoh kegiatan baru yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa baru ;

• Praktikum

• Belajar Coding

• Belajar tentang Databases


         Mungkin sampai di sini artikel yang saya sampaikan.........:):):).Semoga artikel ini memberi gambaran kepada tema-teman yang ingin menjadi mahasiswa.Amin

         Sampai jumapa di artikel yang selanjutnya:):):)



                                                                                                     Muhlisun Amal(D1041151052)

No comments: